KAWAH PUTIH CIWIDEY YANG POPULER

KAWAH PUTIH CIWIDEY YANG POPULER
KAWAH PUTIH CIWIDEY YANG POPULER
Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu dari beberapa destinasi tempat wisata Bandung paling populer. Objek wisata yang satu ini dapat diakses dari Jl. Raya Soreang – Ciwidey. Salah satu Wisata Jawa yang satu ini juga menjadi tujuan banyak orang yang ingin menghabiskan liburan dengan orang-orang terdekat. Dari pusat kota Bandung, berjarak kurang lebih 50 km arah selatan Bandung.Secara geografis, Kawah Putih berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.400 meter dpl. Tidak heran jika suhu udara di area wisata Kawah Putih ini terasa cenderung dingin dengan hawa udara yang menyegarkan. Suhu udara harian di Kawah Putih bahkan dapat mencapai 8 derajat Celcius. Oleh karenanya, jangan lupa untuk membawa jaket atau sweater tebal tatkala mengunjungi wisata Kawah Putih Ciwidey.
Asal-usul tentang Kawah Putih ini diketahui berawal pada abad ke-10. Di masa lampau, terjadi sebuah letusan Gunung Patuha yang sangat hebat. Pasca letusan, terdapat kejadian aneh di mana sekelompok burung yang terbang melewati Kawah Putih ini didapati mati. Inilah sebab pada masa itu penduduk setempat menganggap bahwa area tersebut merupakan kawasan yang angker.
Seiring dengan berjalannya waktu, keangkeran tersebut perlahan sirna. Terutama setelah tahun 1837, seorang ahli botani asal Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, melakukan penelitian di kawasan Ciwidey dan akhirnya tiba di puncak Gunung Patuha serta menjumpai keberadaan danau putih yang sangat indah. Dari danau tersebut, tercium aroma belerang yang sangat menyengat. Sejak saat itulah objek wisata Ciwidey ini terekspos ke publik luas.
KAWAH PUTIH CIWIDEY YANG POPULER
KAWAH PUTIH CIWIDEY YANG POPULER
Objek wisata Kawah Putih Ciwidey sesungguhnya adalah sebuah danau yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Patuha. Sebagaimana nama yang disematkan padanya, tanah di kawasan objek wisata ini memang berwarna putih. Warna putih ini berasal dari campuran unsur belerang. Selain itu, air danau juga berwarna putih kehijauan dan warna danau ini dapat berubah sesuai tinggi rendahnya suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.
Oleh pemerintah lokal, kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey mulai dikembangkan menjadi wisata alam sejak tahun 1987 sebagai sebuah destinasi wisata alam yang menawan. Secara bertahap, fasiltas penunjang dihadirkan guna mendukung kenyamanan wisata di sana, baik itu akses transportasi dari pintu gerbang sampai ke kawah, area parkir yang luas, pusat informasi, restoran, warung makan, mushola, hingga toilet umum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YUK BERWISATA KE MONUMEN NASIONAL (TUGU MONAS)

MISTERI KEANGKERAN TOKO MERAH DI KOTA TUA

PASAR APUNG NUSANTARA - MUSEUM ANGKUT MALANG