WISATA ALAM HUTAN PINUS YOGYAKARTA

WISATA ALAM HUTAN PINUS YOGYAKARTA
WISATA ALAM HUTAN PINUS YOGYAKARTA
Wisata Yogya memang menyajikan berbagai genre wisata yang sangat lengkap. Mulai dari wisata budaya , wisata sejarah terlebih lagi wisata alam yang eksotis juga bertebaran di Yogya. Salah satu contohnya adalah Hutan Pinus. Hutan pinus ini letaknya di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogjakarta.
dekat dengan wisata kebun buah mangunan imogiri. Dari jogja kalau kita melewati ring road selatan dari arah gamping  kita mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis, menuju ke kecamatan Dlingo. Di hutan Pinus Imogiri ini terkenal keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting suatu brand, sampai pernah dipakai untuk syuting film layar lebar atau FTV oleh beberapa stasiun TV nasional.
Di hutan pinus ini kegiatan yang bisa kita lakukan selain berfoto ria kita juga bisa mendirikan tenda untuk bercamping bersama keluarga pasangan maupun teman. Hutan pinus imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila kita berkunjung pada pagi hari. Kita bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela kanopi pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah.
Apabila masih kebingunan mencari lokasi tempat wisata hutan pinus ini,bisa denganmencari papan petunjuk jalan kebun buah mangunan untuk kita jadikan patokan yang mudah ke hutan pinus. Kalau sudah menemukan papan tulisan kebun buah imogiri kita tetap lurus mengikuti jalan yang beraspal halus, tetapi kita harus pelan pelan dan cermat karena tidak ada petunjuk tulisan untuk mengarah ke hutan pinus ini. Dari kebun buah mangunan hanya lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan aspal lalu di pertigaan kita masih lurus lagi. Kalau jalan yang kita ambil benar kita akan menemukan jalan yang menanjak dan dikanan kiri banyak pohon seperti yang ada digambar.
Untuk tempat wisata ini tidak ada jam buka, tetapi parkiran mulai ramai sejak pagi hari hingga menjelang senja. Harga masuk hutan pinus pun gratis karena memang belum ada loket masuknya. Kita hanya dikenai biaya parkir kendaraan yaitu untu parkir sepeda motor sebesar Rp.2000,- dan parkir roda empat: Rp.4000,-. Namun sayangnya keindahan dan kesejukan tempat wisata ini belum diimbangi dengan banyaknya penjaja makanan sehingga para pengunjung terkadang kesulitan untuk menemukan makanan sebagai pengganjal perut. Jadi sebaiknya pengunjung membawa makanan atau bekal dari rumah karena jarang ditemui rumah makan. Hanya terkadang didekat hutan didepan parkiran ada penjual cilok (siomay) itu saja tidak setiap saat ada.
Untuk menuju ke hutan pinus imogiri ini diharuskan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang menjangkaunya. Dan bagi para perokok agar lebih berhati-hati dalam membuang puntung rokok atau batang korek api. Pastikan sudah tidak ada bara atau api yang masih menyala karena dapat berakibat pada kebakaran hutan. Tentu akan lebih baik lagi jika Anda tidak merokok sama sekali. Selamat berkunjung ke hutan pinus Yogyakarta dan jangan lupa menjaga kebersihan di tempat wisata ini yaa..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

YUK BERWISATA KE MONUMEN NASIONAL (TUGU MONAS)

PASAR APUNG NUSANTARA - MUSEUM ANGKUT MALANG

MISTERI KEANGKERAN TOKO MERAH DI KOTA TUA